PAK OGAH ITU APASIH ??

PAK OGAH ITU APASIH ??

PAK OGAH ITU APASIH ??

Setiap dari kita yang sering berkendara pasti sudah tidak asing lagi dengan profesi yang satu ini, sosok yang selalu berdiri di daerah jalan memutar atau kapsul dan bisa juga di jalan penyebrangan. Kerjanya mengatur atau memandu kendaraan yang hendak memutar balik ataupun menyebrang jalan. Pak Ogah, itulah nama profesinya. Just info pak ogah merupakan suatu profesi yang buming selama 5 tahun belakangan ini. pada tahun 2010 kebawah kita masih jarang atau bahkan tidak pernah melihat orang mengerjakan pekerjaan ini. Waktu itu kita masih sering melihat polisi mengatur di daerah - daerah tertentu. Orang-orang yang menekuni profesi ini pun beraneka ragam. mulai dari anak kecil hingga remaja bahkan dewasa. Biasanya pak ogah yang kita lihat itu cowok (mungkin saja dari namanya yang berawalan "Pak" Ogah), akan tetapi tidak menuntut kemungkinan kalau ada juga pak ogah yang cewek

Baca juga : KETIKA CINTA SEDANG DI UJI 

CARA KERJA

Cara kerja pak ogah yang saya perhatikan cenderung sangat mudah cukup dengan sumpritan, tongkat menyala (kalau ada), maka anda sudah bisa bekerja. Anda cukup berdiri di tempat jalan memutar atau menyebrang sembari menunggu kendaraan yang lewat.

Gaji

Jujur saya sendiri belum tau persis berapa gaji yang didapatkan oleh pak ogah perhari karena setau saya belum ada satu pun pak ogah yang resmi diangkat sebagai PNS atau bekerja dibawah naungan pemerintah. Saya juga belum pernah mewawancarai secara langsung orang yang mengerjakan profesi ini jadi saya tidak bisa berargument. Akan tetapi saya pernah melihat seorang pak ogah mendapatkan uang sebesar Rp 2000,00,- dari seorang pengendara mobil karena sudah membantunya memutar balik kendaraan.

PERBEDAAN PAK OGAH DAN POLISI LALU LINTAS

Jika diperhatikan secara seksama pekerjaan pak ogah itu merupakan bagian dari pekerjaan polisi, yaitu mengatur kelancaran lalu lintas. Cuman pak ogah dan polisi itu ada perbedaannya coba perhatikan tabel dibawah ini

DIAGRAM PERBEDAAN PAK OGAH DAN POLISI
NO.
PAK OGAH
POLISI
1.


2.




3.




4.








5.




Pak ogah lebih fast respon mengingat pekerjanya adalah msyarakat setempat

Pak ogah kinerjanya tidak sebagus polisi itu karena pak ogah lebih mengutamakan pelanggannya dibanding pengendara lainnya

Pak ogah mematok harga minimal Rp. 2000 ke setiap mobil yang dibantunya



Pak Ogah bisa menjadi sumber kemacetan karena mengutamakan pelanggannya, pak ogah cenderung agak mengambil hak pengendara lainnya, sehingga jika dibiarkan terlalulama maka penumpukan kendaraan pengendara lain akan terjadi sedangkan kendaraan pelanggannya sendiri belum tentu habis.

Pak Ogah jika terjadi sesuatu dalam kinerjanya cenderung tidak bertanggung jawab karena jika sesuatu terjadi dia langsung lari dan meninggalkan lokasi

Pak Ogah kalau kerja terkadang membosankan 
Polisi tidak selamanya slow respon tapi dia selalu ada jika kemacetan terjadi

Polisi kinerjanya sudah pasti lebih bagus dari pak ogah itu karena polisi bekerja secara adil dan berpatokan dengan prosedur


Polisi tidak memungut biaya sepeserpun karena gaji mereka diatur dalam anggaran pendapatan negara atau melalui pemungutan pajak warga

Polisi bisa mengurai kemacetan dan tidak mengutamakan siapapun kecuali beberapa hal seperti pemadam kebakaran, ambulance, presiden dan wakil presiden.





Polisi jika terjadi sesuatu dalam kinerjanya maka dia bisa dituntut, dan jika terbukti bersalah maka polisi yang bersangkutan akan terkena sanksi atau skorsing dari atasan.

Polisi kalau kerja kadang menghibur 

Perhatikan video berikut 

Contoh tingkah polisi yang menghibur
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=J8uIFwNVB2g

JENIS - JENIS PAK OGAH

- Pak ogah anak kecil
Pak ogah jenis ini adalah pak ogah yang masih berumur belasan tahun dalam tingkat pendidikan mereka baru mencapai tingkat smp. biasanya jenis pak ogah ini dalam bekerja selalu menimbulkan kemacetan. Jika anda bertemu dengan pak ogah jenis ini sebaiknya anda membayar mereka karena jika tidak mereka akan menggores mobil anda. kelebihan Pak ogah jenis ini mereka rela dibayar berapapun, mengingat umur mereka yang masih anak - anak.

- Pak ogah remaja
Pak ogah jenis ini biasanya dalam bekerja mereka selalu bergerombol minimal 5 orang maksimal 10 orang. Akan tetapi hasil kerja mereka sudah mulai profesional, kemacetan yang ditimbulkan pun tidak terlalu parah tapi tetap mereka akan mengambil hak pengendara lain dalam bekerja.

- Pak ogah dewasa
Pak Ogah jenis ini tidak seperti pak ogah remaja dan anak kecil. Pak ogah jenis ini kalau bekerja biasanya seorang diri dan mereka juga kalau bekerja selalu profesional, mereka tau caranya meminimalisir kemacetan dan mereka juga tau cara membagi hak pelanggan dan pengendara lainnya. Biasanya pak ogah jenis ini banyak yang di ajak kerja sama oleh pihak polisi lalu lintas untuk meringankan pekerjaan.

PROFESI PAK OGAH BAIK ATAU BURUK ??

Menurut saya pak ogah adalah bukan pekerjaan yang buruk. Sebenarnya jenis pekerjaan ini awalnya dikerjakan oleh orang - orang yang hanya sekedar ingin membantu mengurangi kemacetan sembari menunggu polisi lalu lintas datang. Akan tetapi sudah pada dasarnya kebanyakan masyarakat memiliki sifat egois dan mementingkan diri sendiri yang tinggi, sehingga mereka akan menghalalkan segala cara untuk mempermudah atau mempercepat urusan mereka dan akhirnya mereka bayarlah pak ogah itu, Pak ogah yang mendapatkan uang kaget dan mulai berpikir bahwa yang mereka lakukan itu bisa dijadikan mata pencaharian, makanya mereka dalam mengerjakannya tidak lagi dengan hati yang ikhlas melainkan mulai menuntut imbalan.

Baca juga : CARA MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN BIAR LANGGENG

Jadi kembali kediri kita masing - masing yang menilai mereka buruk atau baik. Karena menurut penilaian saya pak ogah itu tidak bisa dinilai baik dan tidak bisa pula dinilai buruk. tidak bisa dinilai baik karena mereka dalam bekerja selalu mengambil hak pengendara lain dan mengutamakan pelanggannya, sedangkan mereka tidak bisa di nilai buruk karena tetap pada dasarnya profesi mereka tercipta dari sifat dasar manusia pada umumnya yang egois dan mementingkan diri sendiri.  

11 komentar

pak ogak pak ogak, pak radennya mana bro hehehe

gope duluu dongg, kalo menurut gue sih itu nggak baik :D

kwkwkw pak ogah sekarang makin banyak gan tapi pak ogah di deket rumah ane anak buahnya preman -_- kan serem" tuh

mantep artikelnya gan, saran aja surveynya detail lagi ambil negatif sama positif juga :v

q lbh memilih p.ogah aj dr pd p.polisi. klo ada si unyil lg hihihi....

hwkwkwkwk.. nice artikel om :v

dikirain pak ogah yang suka ada di tv

ada baiknya kalau artikel panjang begini diselingi gambar ya, biar pembaca ga bosen membacanya :D
btw dah bagus kok

baru tau kalo pekerjaan gini namanya pak ogah, hehe btw nice info gan

ahahaha pak ogah, emang bener sih, nice article gan

Terima kasih telah berkunjung silahkan tinggalkan komentar dengan bijak :)
EmoticonEmoticon